24 April 2013

Review: Side by Side (2012)


United States | Documentary | Unrated | Directed by: Christopher Kenneally | Written by: Christopher Kenneally | Cast: James Cameron, David Fincher, David Lynch, Robert Rodriguez, Martin Scorsese, Steven Soderbergh, Keanu Reeves | English | Run time: 98 minutes

Plot:
Bergabung bersama Keanu Reeves dan tokoh-tokoh penting Hollywood dalam membahas perubahan era dunia film: perubahan ke era digital.

Review:
Dunia perfilman yang kita kenal sekarang sedang dalam arus perubahan yang gencar. Selama lebih dari 100 tahun, pita seluloid telah menjadi media utama untuk merekam dan menampilkan sebuah film. Hampir seluruh film yang umat manusia saksikan adalah hasil dari pita seluloid. Namun, dengan semakin cepatnya arus perubahan teknologi, keberadaan pita seluloid mulai terancam. Bersiaplah untuk menyambut era film digital.

Setiap adanya perubahan dalam aspek kehidupan manusia, pastilah terdapat pihak-pihak yang saling bertentangan. Suatu hal yang lumrah sebenarnya namun menarik untuk ditelaah. Dengan lahir dan berkembangnya penggunaan alat digital dalam hal pembuatan, penampilan, dan penyimpanan film, hal ini tentu saja menyebabkan perpecahan pada insan pembuat film. Sejauh mana perbedaan diantara mereka? Marilah kita saksikan di Side by Side.


Side by Side membawa kita ke sebuah perjalanan menarik dalam mengetahui segala seluk-beluk dunia film. Film ini dimulai dengan menjelaskan tahap pertama dalam pembuatan film, yakni syuting, hingga tahap terakhir, penyimpanan. Oleh film ini, kita diperkenalkan dengan sosok-sosok seperti director of photography, color timer, editor, dan lain sebagainya. Tidak sebatas 'diperkenalkan' saja, kita dijelaskan pula bagaimana dampak perkembangan digital terhadap perubahan cara kerja dan emosi mereka ketika membuat film.

Meski penjelasan dalam film ini terasa amat teknis, bagi orang yang sangat awam sekali pun dapat dibuat mengerti dan memahami film ini. Side by Side memberi pengetahuan yang lebih kepada kita, dengan adanya film ini kita mampu lebih mengapresiasi sebuah film. Akhir kata, tak kenal maka tak sayang. Untuk sayang dengan film, film ini wajib ditonton.

Best Scene:
"What the f*ck?!" ucap David Fincher saat menjelaskan pengalamannya ketika melihat dailies. Entah mengapa, bagian itu lawak banget. 



Jadinya?
Simpel aja, bagi yang suka film, wajib nonton Side by Side.

No comments:

Post a Comment