10 February 2013

Review: Zero Dark Thirty (2012)


United States | Drama | R | Directed by: Kathryn Bigelow | Written by: Mark Boal | Cast: Jessica Chastain, Jason Clarke, Joel Edgerton | English | Run time: 157 minutes |

Plot:
Maya (Jessica Chastain), perempuan muda berhati baja yang memiliki satu tujuan, mencari dan menangkap Osama bin Laden, pemimpin al-Qaeda dan dalang peristiwa September 11th.

Review:
Coba liat lagi foto di atas, kurang badass apa lagi coba karakter Maya yang ditokohkan oleh Chastain. Perempuan muda ditengah-tengah dunia intel yang merupakan lahannya kaum laki-laki, walaupun sering dianggap remeh oleh atasannya, Maya dengan kegigihannya mampu membuktikan bahwa apa yang mungkin dianggap mustahil dapat dilakukan (nangkep bin Laden itu susah bo, tapi doi mampu, cadas!). 

Film ini udah gue tunggu-tunggu dari lama banget, tahu yang bikin Neng Bigelow, pasti cadas nih film. Tahunya kebeneran, film ini cadas. Selain itu juga film ini risetnya cukup lama dan mendalam, bahkan sampe ada beberapa hal yang sebenernya masih bersifat rahasia. Terus juga ada kejadian-kejadian yang beneran kejadian (bahasa gue ancur banget sih nih) kayak Islamabad Marriott Hotel Bombing dan Camp Chapman Attack. Kontroversi? Pastinya ada di macem-macem film kayak gini. Apalagi pas dikasih liat adegan penyiksaan tahanan, graphic sih. 

Oh iya, karakter Maya itu beneran ada orangnya loh! Namanya tapi dirahasiakan karena doi masih bertugas.  Huft.

Best Scene:
Pas Maya marah-marah sama atasannya, urat-urat lehernya sampe keliatan, cadas bro! Selain itu, mungkin pas bagian *mungkin spoiler sampe akhir bagian ini* rumahnya bin Laden udah diketahui tapi Amerika malah ga bisa apa-apa karena takut akan resiko kegagalan. Scene penyergapan rumah bin Laden parah juga sih, tepuk tangan gue, intense parah. Oh iya, sama ending-nya, Maya yang sendiri di pesawat, menangis, walaupun berhasil menangkap bin Laden, dia udah ga punya tujuan lagi.


Jadinya?
Witness the greatest manhunt in history. Ini film pecah sih bro. Gue nonton trailernya aja udah deg-degan, nonton filmnya sampe kejang-kejang karena keseruan sendiri. Zero Dark Thirty memuaskan sekali ya bagi gue, tegang dan akurat (katanya, walaupun banyak yang bilang engga juga). Terlepas dari beberapa pihak yang bilang film ini pure propaganda, film ini caem super. Wajib ditonton. For God and country—Geronimo! (Duh, merinding).

5 comments:

  1. Diantara film-film nominator best picture menurut gue ini yang paling bagus, eeh Bigelow malah di-snub sama Oscar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, agak kaget juga sih Bigelow di-snub, begitu pula dengan abang Affleck. Padahal Argo dan ZDK jagoan gue tuh, huft.

      Delete
  2. wah...A
    setuju banget, emang layak bgt
    sayang banget nih buzz nya ilang gitu aja gara2 senator kepo pada ngurusin torture2an..
    film y film..haha,jadi sewot sendiri ane

    #btw, makasih dah pasang link ane
    and klo boleh namanya diganti Nugrosinema ^^
    link agan uda ane pasang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, sama-sama. Nama agan udah gue ganti juga :)

      Delete
  3. Film kelas atas u/ orang cerdas! Perfect!

    ReplyDelete