3 April 2013

Review: Kahaani (2012)


India | Drama, Mystery & Suspense, Foreign | Unrated | Directed by: Sujoy Ghosh | Written by: Ritesh Shah, Sutapa Sikdar, Sujoy Ghosh | Cast: Vidya BalanParambrata ChatterjeeNawazuddin SiddiquiIndraneil SenguptaSaswata Chatterjee | Hindi | Run time: 122 minutes |

Plot:
Vidya Bagchi (Vidya Balan) adalah seorang wanita hamil yang datang dari London ke Kalkuta untuk mencari suaminya yang hilang. Dikarenakan adanya keterkaitan dengan serangan teroris di India, pencarian Vidya tersebut dipenuhi konspirasi dan bahaya mengancam.


Review:
Tenang, meski film ini berasal dari India yang terkenal akan joget-joget dan musik yang datang tiba-tiba, Kahaani tidak menyuguhkan hal-hal seperti itu kok. Jadi jangan berprasangka buruk dulu. Kahaani malah memberi kita pengalaman menonton film India yang berbeda. Dibalut dengan nuansa tegang dan diberi bumbu-bumbu sedap ala India, Kahaani menjadi sebuah tontonan yang amat menghibur. Penasaran? Mari kita lanjutkan review-nya.

Kota Kalkuta masih dalam keadaan traumatis menyusul penyerangan kereta bawah tanah yang dilakukan oleh seorang teroris misterius. Dengan gas beracun yang dikembangkan sendiri oleh teroris tersebut, jaringan kereta bawah tanah Kalkuta berhasil dilumpuhkan dan banyak nyawa penduduk tidak bersalah ikut melayang. Dua tahun berselang setelah kejadian tersebut, Vidya yang sedang mengandung bayi datang dari London ke Kalkuta untuk mencari suaminya yang hilang. Suaminya bernama Arnab Bagchi, telah dua minggu lamanya dia menghilang.


Sesampainya di Kalkuta, Vidya langsung menuju kantor polisi di Kalkuta. Dengan keadaannya yang sedang hamil, pencarian Vidya mendapatkan simpati dari kepolisian setempat. Seorang petugas polisi, Satyaki "Rana" Sinha (Parambrata Chatterjee), ditugaskan untuk menemani Vidya mencari suaminya tersebut. 

Pencarian pun dimulai, namun semakin mereka mencari, semakin kabur jawaban akan keberadaan Arnab. Dari petunjuk-petunjuk yang mereka temui, tidak ada satu pun yang dapat mengatakan keberadaan Arnab, bahkan dia layaknya di telan bumi, menghilang tanpa jejak. Secara mengejutkan, wajah Arnab sangat mirip dengan Milan Damji, buronan pemerintah India yang merupakan pelaku penyerangan jaringan kereta bawah tanah Kalkuta dua tahun silam. Keadaan menjadi semakin berbahaya ketika adanya pembunuh bayaran yang mengintai mereka dan terlibatnya konspirasi tingkat tinggi dalam pencarian Vidya.

Lalu dimana kah beradaan Arnab? Apa hubungan Arnab dan Milan Damji yang misterius tersebut? Mengapa ada konspirasi yang seolah-olah mencegah mereka menemukan Arnab? Dan yang terpenting, apakah Vidya dapat selamat dari cobaan ini?


Kahaani merupakan film yang amat menghibur. Sebagai sebuah film detektif, Kahaani berhasil membuat gue penasaran dengan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang disajikan sepanjang film ini. Hal menarik selanjutnya adalah balutan nuansa ketegangan yang berhasil dibangun dengan cermat. Akibatnya, gue berhasil terpaku menonton film berdurasi dua jam ini, tegang dan penasaran bercampur menjadi satu. Kahaani memiliki materi cerita yang sesungguhnya amat kompleks, namun dengan sentuhan komedi di beberapa bagian, membuat film ini segar dan betah untuk dinikmati.

Selanjutnya, gue akan membicarakan mengenai twist film ini. Tenang, tidak akan spoiler kok. Sesungguhnya keganjilan sudah dapat tercium dari pertengahan film. Hanya saja keganjilan tersebut tidak cukup untuk membuat gue menebak akhir dari semua pertanyaan ini. Tepuk tangan meriah gue berikan kepada Vidya Balan. Performanya sebagai wanita hamil di film ini dilakukannya secara natural, tanpa cela dapat dibilang. Kuat dan tidak pernah menyerah, sifat dari tokoh utama film ini dibawakan secara baik. Sifat sensitif keibuan yang dibawa oleh Vidya mampu menyihir gue sebagai penonton. Jempolan memang performanya dia di film ini. Akhir kata, twist film ini tidak mungkin se-surprise itu bila tidak adanya performa menakjubkan dari seorang Vidya Balan.

Best Scene:
Gods created Mother Durga to destroy demons. *gasp* Siapa sangka, siapa yang menyangka akhir dari Kahaani se-badass ini. Tepuk tangan.


Jadinya?
My husband is missing. Kahaani merupakan film yang jempolan. Film detektif dengan cerita yang kompleks, balutan ketegangan yang memadahi, performa cast yang apik, setuhan kesegaran di beberapa bagian, dan twist yang sangat mengejutkan. Gue mendapatkan sesuatu yang lebih daripada yang gue harapkan.

No comments:

Post a Comment